1.        JABATAN                       : CAMAT

2.        TUGAS                            : Memimpin, mengoordinasikan serta mengendalikan penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan publik dan pemberdayaan

     Masyarakat kelurahan.

3.        FUNGSI                          : a. Menyelenggarakan urusan pemerintahan umum;

   b. Pengoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat;

c. Pengkoordinasian upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;

d. Pengoordinasian penerapan dan penegakan Peraturan Daerah dan Peraturan Kepala Daerah;

e. Pengoordinasian pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum;

f. Pengaoordinasian penyelenggaraan kegiatan pemerintahan yang dilakukan oleh kecamatan;

g. Pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan kegiatan kelurahan;

h. Pelaksanaan Urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah yang tidak dilaksnakan oleh unit kerja Kecamatan;

i. Pelaksanaan Pelimpahan sebagian kewenangan walikota untuk melaksanakan sebagian Urusan Pemerintahan yang menjadi

   kewenangan Daerah; dan

j. Pelaksanaan tugas lain sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. 


1.        JABATAN                       : SEKRETARIS CAMAT

2.        TUGAS                            : Membantu Camat dalam pengelolaan administrasi umum meliputi Penyusunan Program, Ketatalaksanaan, Ketatausahaan,

  Keuangan, Kepegawaian, Urusan Rumah Tangga, Perlengkapan, Kehumasan dan Kepustakaan serta Kearsipan ditingkat    

  Kecamatan.

3.        FUNGSI                          : a.       Perencanaan, penyusunan dan pelaksanaan rencana program dan kegiatan kesekretariatan;

b.        Koordinasi penusunan dokumen Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah, penyusunan dan pelaksanaan Rencana

            Kerja Anggaran dan Dokumen Pelaksanaan Anggaran;

c.        Pelaksanaan dan pembinaan ketatausahaan, ketatalaksanaan dan kearsipan;

d.       Pengelolaan urusan kehumasan, kepustakaan, serta layanan informasi dan pengaduan masyarakat;

e.        Pelaksanaan administrasi dan pembinaan kepegawaian;

f.        Pengelolaan anggaran kecamatan dan aset daerah di lingkup tugasnya sesuai dengan ketentuan;

g.        Pelaksanaan administrasi keuangan dan pembayaran gaji pegawai, pelaksanaan verifikasi surat pertanggungjawaban

           keuangan;

h.        Pengelolaan urusan rumah tanggadan perlengkapan;

i.         Fasilitasi penyusunan dan pelaksanaan Standar Operasional Prosedur (SOP), Standar Pelayanan Minimal (SPM), Standar

           Pelayanan Publik (SPP), Maklumat Pelayanan dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM);

j.         Pengoordinasian penyelenggaraan kesekratariatan/ketatausahaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN);

k.        Pengoordinasian pengelolaan data dan pengembangan sistem teknologi informasi/aplikasi;

l.         Pengevaluasian dan pelaporan pelaksanaan tugas dan fungsi;

m.       Pelaksanaan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan

n.        Pelaksanaan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.


1.        JABATAN                       : KASUBBAG PERENCANAAN PROGRAM& KEUANGAN

2.        TUGAS                            : Tugas melakukan pengumpulan dan penyusunan bahan perencanaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan serta penyiapan

                                                bahan penatausahaan  dan pertanggung jawaban administrasi keuangan.

3.        FUNGSI                          : a.       Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan sesuai lingkup tugasnya;            

b.       Mengkoordinir penyusunan dokumen Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah ( IndikatorKinerjaUtama, Rencana
Strategis, Rencana Kerja, Rencana Kerja Tahunan, Penetapan Kinerja dan Laporan Kinerja);

  c.       Menyusun komitmen kinerja yang berkaitan dengan bidang tugasnya;

  d.       Melaksanakan verifikasi internal usulan perencanaan program dan kegiatan;

e.        Melaksanakan supervisi, monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan seksi-seksi kecamatan;

f.        Mengoordinasikan pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan aplikasi dengan seksi-seksi;

g.       Melaksanakan pengamanan hardware maupun software terhadap[ aplikasi yang digunakan secara bersama lintas seksi di

           kecamatan;

h.     Melaksanakan pengamanan dan kesinambungan data elektronik terhadap aplikasi yang digunakan secara bersama di lingkup

        kecamatan;

i.         Melaksanakan pengelolaan data dan dokumentasi pelaksanaan program dan kegiatan kecamatan;

j.         Menghimpun laporan pelaksanaan program dan kegiatan, menyusun rencana usulan kebutuhan anggaran kecamatan;

k.     Mengoordinir penusunan Rencana Kerja Anggaran/Dokumen Pelaksanaan Anggaran/Dokumen dan Pelaksanaan Perubahan

        Anggaran kecamatan;

l.         Meneliti kelengkapan dan verifikasi Surat Permintaan Pembayaran dan menyiapkan Surat Perintah Membayar;

m.       Menyusun rekapitulasi penyerapan keuangan sebagai bahan evaluasi kinerja keuangan;

n.        Menyusun neraca kecamatan, menyusun laporan keuangan;

o.        Mengoordinir dan meneliti anggaran perubahan kecamatan;

p.        Melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dan fungsi;

q.        Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan

r.        Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.


1.        JABATAN                       : BENDAHARA PENGELUARAN

2.        TUGAS                            : Menerima, menyimpan, menatausahakan dan membukukan uang/surat berharga dalam pengelolaannya.

3.        FUNGSI                          : a.       Mengumpulkan data pengajuan penggunaan anggaran;

b.        Membuat kelengkapan pengajuan anggaran (SSP dan SPP)

c.        Mencatat dan mengarsipkan berkas pengajuan anggaran

d.       Melakukan pemotongan/pemungutan penerimaan negara dari pembayaran yang dilakukan dan menyetorkan ke kas

           negara

c.        Mengelola uang persediaan dan LS;

d.       Menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ)

                                                    e.         Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan


1.        JABATAN                       : KASI PEMERINTAHAN UMUM, KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN

2.        TUGAS                            : Melaksanakan Pengumpulan dan Penyiapan bahan, perumusan kebijakan, koordinasi, perencanaan Program, pelaporan bidang

                                               Pemerintahan, Ketentraman dan ketertiban.

3.        FUNGSI                          : a.       Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan sesuai lingkup tugasnya

  b.       Merumuskan kebijakan teknis pelaksanaan kegiatan sesuai bidang tugasnya;

  c.       Mengumpulkan, mengolah, menyajikan, mengembangkan dan memanfaatkan data dan informasi bidang pemerintahan,

            ketentraman dan ketertiban di wilayah kecamatan;

d.       Memberikan bimbingan, suverfisi, fasilitas, dan konsultasi pelaksanaan administrasi di kelurahan sesuai dengan bidang

            tugasnya;

  e.       Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait terhadap kegiatan penyelenggaraan pemerintahan, ketentraman dan

            ketertiban diwilayah kecamatan;

f.        Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait yang tugas dan fungsinya di bidang penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;

g.        Melaksanakan pencatatan monografi Kecamatan;

h.        Melaksanakan administrasi pertahanan, kependudukan dan pencatatan sipil serta administrasi lainnya sesuai lingkup

            tugasnya;

i.         Melaksanakan tanggap bencana lingkup kecamatan;

j.         Memfasilitasi dan mengkoordinasikan kegiatan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA) Kecamatan;

  k.       Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan peraturan yang berlaku;


1.        JABATAN                       : KASI EKONOMI DAN PEMBANGUNAN

2.        TUGAS                            : Melaksanakan  pengumpulan dan penyiapan bahan, perumusan kebijakan, koordinasi, perencanaan  program, pelaporan bidang

     Ekonomi dan Pembangunan;

3.        FUNGSI                          : a.       Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan sesuai lingkup tugasnya;

  b.       Merumuskan kebijakan teknis pelaksanaan kegiatan sesuai bidang tugasnya;

c.        Mengumpulkan, mengolah, menyajikan, mengembangkan da nmemanfaatkan data dan informasi bidang pemberdayaan

            ekonomi dan sarana prasarana di wilayah kecamatan;

d.       Memberikan bimbingan,supervisi, fasilitasi dan konsultasi pelaksanaan administrasi di kelurahan sesuai bidang tugasnya;

e.        Melaksanakan koordinasi, pembinaan, pengawasan dan pengendalian terhadap pelaksanaan kegiatan pemberdayaan

            masyarakat di wilayah kecamatan baik yang  dilakukan unit kerja pemerintahan maupun swasta;

f.        Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja terkait terhadap pelaksanaan kegiatan bidang ekonomi dan pembangunan di

            wilayah kecamatan;

g.        Mengkoordinasikan, membina dan mengembangkan serta memantau kegiatan perindustrian, perdagangan, perkoperasian,

            Usaha Kecil Menengah (UKM) dan golongan ekonomi lemah;

h.        Melaksanakan pembinaan bidang pemberdayaan perekonomian masyarakat;

i.         Melaksanakan administrasi bidang ekonomi dan pembangunan yang menjadi lingkup tugasnya;

g.        Menyusun profil kecamatan;

k.        Mengatur partisipasi masyarakat untuk ikut serta dalam perencanaan pembangunan lingkup kecamatan dalam forum

            Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang);

l.         Melaksanakan sistem pengendalaian intern pemerintahan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dan fungsi; dan

m.       Melaksnakan tugas lainya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.


1.        JABATAN                       : KASI KESEJAHTERAAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

2.        TUGAS                            : Melaksanakan pengumpulan dan penyiapan bahan, perumusan kebijakan, koordinasi, perencanaan program, pelaporan bidang

                                                kesejahteraan dan Pemberdayaan masyarakat;

3.        FUNGSI                          : a.       Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan sesuai lingkup tugasnya;

  b.       Merumuskan kebijakan teknis pelaksanaan kegiatan sesuai bidang tugasnya;

c.        Memberikan bimbingan, supervisi, fasilitasi, dan konsultasi pelaksanaan administrasi di kelurahan sesuai dengan bidang

            tugasnya;

  d.       Mengumpulkan, mengolah, menyajikan, mengembangkan dan memanfaatkan data dan informasi bidang kesejahteraan dan  pemberdayaan masyarakat di wilayah kecamatan;

e.        Melaksanakan koordinasi, pembinaan, pengawasan dan pengendalian terhadap pelaksanaan kegiatan pemberdayaan

            masyarakat di wilayah kecamatan baik yang dilakukan unit kerja pemerintahan maupun swasta;

f.        Mengkoordinasikan, membina dan mengembangkan serta memantau kegiatan keagamaan, pendidikan, kesehatan, sosial, 

          ketenagakerjaan dan pemberdayaan masyarakat diwilayah kecamatan;

g.       Melaksanakan koordinasi dengan lembaga kemasyarakatan (PKK, LPM, PSM, KarangTaruna) atau lembaga terkait lainnya

          bidang kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat yang berada diwilayah kecamatan;

h.       Memfasilitasi pengembangan lembaga kemasyarakatan dan pelaksanaan pemberdayaan masyarakat di kelurahan;

i.        Melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dan fungsi;

                                                    j.          Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;


1.        JABATAN                       : KASI LINGKUNGAN HIDUP

2.        TUGAS                            :Melaksanakan pengumpulan dan penyiapan bahan, perumusan kebijakan, koordinasi, perencanaan program, pelaporan bidang

  kesejahteraan dan  Pemberdayaan masyarakat;

3.        FUNGSI                          : a.       Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan sesuai lingkup tugasnya;

  b.       Merumuskan kebijakan teknis pelaksanaan kegiatan sesuai bidang tugasnya;

  c.       Mengumpulkan, mengolah, menyajikan, mengembangkan dan memanfaatkan data dan informasi bidang kebersihan dan lingkungan hidup;

  d.       Memberikan bimbingan, supervisi, fasilitasi, dan konsultasi pelaksanaan administrasi kelurahan sesuai bidang tugasnya;

  e.       Melaksanakan koordinasi, pembinaan, pengawasan dan pengendalian terhadap berbagai kegiatan bidang kebersihan dan lingkungan hidup;

  f.        Melaksanakan pembinaan di bidang kebersihan, penghijauan dan lingkungan hidup;

  g.       Melaksanakan koordinsi dengan unit kerja terkait terhadap pelaksanaan kegiatan bidang kebersihan dan lingkungan hidup di wilayah kecamatan;

  h.       Melaksanakan pencegahan dan penanggulangan pencemaran lingkungan hidup kecamatan;

  i.        Melaksanakan administrasi bidang kebersihan dan lingkungan hidup yang menjadi lingkup tugasnya;

  j.        Memfasilitasi dan mengoordinasikan kegiatan Forum Kota Sehat (FORKOTS) di Kecamatan;

                                                   k.       Melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan, melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dan     

                                                             fungsi; dan
                                                    l.        Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.


1.        JABATAN                       : KASI PELAYANAN UMUM

2.        TUGAS                            : Melaksanakan pengumpulan dan penyiapan bahan, perumusan kebijakan, koordinasi, perencanaan program dan pelaporan

                                                bidang pelayanan  umum.

3.        FUNGSI                          : a.       Merencanakan, menyusun dan melaksanakan program dan kegiatan sesuai lingkup tugasnya

  b.       Merumuskan kebijakan teknis pelaksanaan kegiatan sesuai bidang tugasnya;

  c.       Mengumpulkan, mengolah, menyajikan, mengembangkan dan memanfaatkan data administrasi kelurahan sesuai bidang tugasnya;

  d.       Melaksanakan pelayanan administrasi tingkat kecamatan di bidang perizinan, non perizinan dan administrasi lain sesuai kewenangannya mulai dari penerimaan dokumen/berkas permohonan dan penertiban serta penyampaian kembali dokumen/berkas kepada pemohon;

  e.       Melaksanakan fasilitasi, pembinaan dan pengawasan pelaksanaan pelayanan umum;

f.        Melaksanakan koordinasi dengan unit kerja yang tugas dan fungsinya di bidang pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;

g.        Melaksanakan koordinasi dengan pihak swasta dalam pelaksanaan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;

                                                    h.        Melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dan fungsi;
                                                     i.          Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;


1.        JABATAN                       : KASUBBAG UMUM &  KEPEGAWAIAN

2.        TUGAS                            : Melaksanakan urusan administrasi umum, Organisasi dan Tatalaksana, Pengurusan Rumah Tangga, Perlengkapan/

                                           Pembekalan, Dokumentasi, Perpustakaan, dan Kearsipan serta Pengelolaan Administrasi Kepegawaian.

3.        FUNGSI                          : a.       Merencanakan kegiatan sub bagian umum dan kepegawaian sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan sumber

data yang tersedia sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan

b.        Melaksanakan pelayanan administrasi umum dan ketatausahaan;

c         Mengelola tertib administrasi perkantoran dan kearsipan;

d.       Melaksanakan tugas kehumasan, dokumentasi dan pengaduan masyarakat, urusan rumah tangga, keamanan kantor dan mempersiapkan sarana prasarana kantor;

e.        Menyusun rencana kebutuhan alat-alat kantor, barang inventaris kantor/rumah tangga;

f.        Melaksanakan pelayanan administrasi perjalanan dinas;

g.        Melaksnakan pengadaan, pemeliharaan sarana prasarana kantor dan pengelolaan inventarsasi barang;

h.        Menyelenggarakan administrasi kepegawaian, pengelolaan pelaporan dan evaluasi kinerja pegawai;

i.         Menyusun bahan pembinaan pegawai, menyiapkan dan memproses usulan pendidikan dan pelatihan pegawai;

j.         Menyiapkan penyelenggaraan bimbingan teknis tertentu dalam rangka meningkatkan kompetensi pegawai

g.        Menyusun tatalaksana dan tata kelola penanganan pengaduan dan pemberian informasi;

i.         Memfasilitasi seksi dalam menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP), Standar Pelayanan Minimal (SPM) Standar Pelayanan Publik (SPP), Maklumat Pelayanan dan Survey Kepuasan Masyarakat (SKM);

j.         Menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan, melaksanakan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas dan fungsi, serta melaksanakan sistem pengendalian intern pemerintahan; dan

k.        Melaksanakan tugas lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  b.       Melaksanakan pengkajian/penelaahan dalam rangka pencarian alternative solusi/kebijakan bagi Pimpinan;

  c.       Melaksanakan koordinasi dengan seluruh Sub bagian dan Seksi di lingkungan Kecamatan untuk mendapatkan masukan, informasi serta untuk mengevaluasi permasalahan agar diperoleh hasil kerja yang maksimal;

d.       Menyiapkan konsep naskah dinas bidang administrasi umum dan kepegawaian sesuai dengan kententuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang ditetapkan atasan





Selamat datang di Website Resmi Kecamatan Palaran